Samosir Berubah

"perubahan bisa dilakukan oleh siapapun"

The Power Of Ulos

*Ulos merupakan hasil tenun oleh suku batak, bisa digunakan dalam berbagai kegiatan dan memiliki makna tersendiri.

Sejatinya seiring perkembangan peradaban manusia mengahasilkan produk yang memiliki nilai historis dan cultural terhdap budaya yang berkembangan. Sebagai contoh misalnya di mesir ditemukan pyramid, pyramid merupakan hasil kebudayaan bangsa mesir yang proses pembentukannya adalah merupakan proses evolusi budaya. Pyramid memiliki fungsi bukan saja sebagai tempat kuburan raja, akan tetapi bisa juga sebagai pemujaan dewa, ataupun fungsi-fungsi yang lain yang belum diketahui.

Setiap jaman menghasilkan produk budaya yang memiliki ciri khas tertentu, yang fungsinya dapat disesuaikan dengan kpentingan zaman itu, kemajuan peradaban, perkembangan teknologi yang dikembangkan oleh masyarakatnya. Sadar atau tidak sadar setiap manusia yang hidup berkelompok di dunia ini mengalami evolusi dalam bentuk komunikasi dan simbol-simbol dalam kehidupannya.

Simbol-simbol ini memberikan kemudahan dalam berkomunikasi dalam kehidupan bermasyrakat, simbol ini dapat membedakan berbagi kepentingan, dapat menjadi dasar klasifikasi berbagai kebudayaan masyarakat yang berkembang.

Dalam sejarah kehidupan masyarakat batak berkembang juga kebudayaan-kebudayaan yang mampu menjadi penopang keberlangsungan komunitas batak. Salah satu peninggalan kebudayaan batak yang mampu bertahan hingga saat ini adalah Ulos.

Ulos memiliki berbagai fungsi dan makna dalam dunia “habatakon”, hal itu bisa dibedakan dari jenis ulos, warna dan kegiatan adat yang sedang berlangsung.

Ulos dalam kehidupan budaya orang batak sebenarnya bukan hanya sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur ataupun bentuk pemberkatan kepada penerima, lebih jauh lagi ulos memiliki makna dalam keekonomian dan merupakan sebagai bukti kemampuan leluhur batak untuk mampu menciptakan masyarakat yang saling peduli terhadap sesama, simbol tolong menolong, dan juga sebagai bukti kemajuan pola pikir yang dapat membangun sebuah komunitas.

Ulos dalam peranannya sebagai pembangun komunitas dapat kita pahami dalam setiap acara adat, dalam keekonomiannya Ulos merupakan “alat tukar” sebagai pengganti Uang. Uang pada masa penjajahan dapat di kontrol oleh penjajah. dalam hal ini Batak mengembangkan alat tukar yang berlaku dalam komunitas masyrakatnya dan relatif tidak dapat dikontrol oleh penjajah.

Dalam upacara adat biasanya ada acara memberi dan menerima ulos, yang kalau kita terjemahkan sederhana ke dalam ekonomi adalah pemberian bantuan. kita dapat memandang Ulos adalah mata uang pada jaman dahulu, sehingga kalau ada hajatan segala biaya yang dikeluarkan dapat dikonversi menjadi ulos yang diterima. Masyrakat mungkin tidak memberikan uang, akan tetapi dia memberikan ulos.

Nah dalam hal ini Ulos ini memiliki makna kemandirian orang batak dalam megatur ekonomi masyrakatnya, hanya saja dalam perkembangan tentu saja ulos memiliki berbagai kekurangan dibanding dengan mata uang yang kta gunakan sekarang. Ulos dapat lapuk, Ulos dapat saja luntur, Ulos sulit untuk dibawa (dalam jumlah banyak). Akan tetapi kita dapat berbangga hati atas diciptakannya ulos ini, karena kita dapat memiliki alat tukar, alat pemersatu.

Banyak hal yang bisa kita teliti lebih jauh tentang Ulos dan tulisan ini masih akan berlanjut, kepada para pembaca diharapkan masukan-masukan yang dapat membangun kebudayaan kita untuk mengembangkan peradaban kita ke arah yang lebih baik.

(note: gambar dalam tulisan ini adalah hasil surfing dan bukan milik sendiri, dengan ini memohon izin kepada pemilik untuk digunakan demi kepentingan kemajuan masyarakat batak pada umumnya. )

August 1, 2010 - Posted by | Uncategorized

2 Comments »

  1. saya sk tulisan ttg ulos ini..suatu kebanggaan buat org batak…jgn sampai terlupakan…budaya lain lg donk…

    Comment by elisabeth sagala | August 1, 2010 | Reply

    • Elisabeth

      akan kita coba ya, tulisan ini masih berlanjut

      Comment by samosirberubah | August 3, 2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: